Cara Membuat Terompet Tahun Baru Sendiri Di Rumah

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk memeriahkan perayaan tahun baru di rumah, salah satunya adalah membuat terompet sendiri.

Salah satu tradisi menjelang tahun baru yang masih dilakukan sampai saat ini adalah tradisi meniup terompet di momen pergantian tahun. Banyak sekali penjual terompet yang menjajakan hasil karyanya menjelang malam pergantian tahun mendatang.

Berbagai model, jenis, warna hingga suara terompet akan dapat dengan mudah dijumpai. Namun, menghindari harus keluar rumah, Anda bisa membuat terompet tahun baru sendiri.

Selain lebih hemat, Anda pun bisa tetap menjaga kebersihan terompet yang Anda buat sendiri. Apalagi, beberapa daerah telah melarang warga untuk berjualan terompet di malam tahun baru.

Salah satunya, Wali Kota Surabaya sekaligus Menteri Sosial Tri Rismaharini melarang penjualan terompet di ibu kota Provinsi Jawa Timur itu saat perayaan Tahun Baru 2021. Hal itu untuk mengantisipasi risiko penularan Covid-19.

"Saya khawatir, nanti pasti dicoba-coba ditiup (terompet) kemudian ganti, kan risiko penularannya besar sekali. Jadi karena itu kami imbau tidak ada yang jualan terompet," kata Risma seperti dikutip dari Antara, Kamis (17/12).

Risma mengatakan risiko penularan Covid-19 sangat mungkin terjadi karena air liur masuk saat terompet ditiup. Ia khawatir hal itu akan memperbesar risiko khususnya bagi anak-anak.

Cara Membuat Terompet Tahun Baru

Berikut cara membuat terompet tahun baru sendiri dihimpun dari berbagai sumber:

Bahan dan alat membuat terompet

  • Botol plastik minuman kemasan
  • Balon karet
  • Gunting
  • Karet gelang
  • Selotip hitam dan bening untuk digunakan menjadi volume
  • Kertas kado atau karton

Langkah-langkah membuat terompet tahun baru:

  1. Lepas tutup botol dan potong bagian tengah botol hingga terbelah dua.
  2. Buat lubang di bagian bawah botol berukuran dua kali lipat ukuran mulut botol.
  3. Masukkan mulut botol ke dalam bagian botol yang dasarnya sudah diberi lubang lalu sejajarkan.
  4. Tutup lubang di bagian bawah botol dan mulut botol dengan selembar plastik atau balon tiup. Balon tiup harus tertutup dengan erat pada dasar dan mulut botol.
  5. Ikat lembaran plastik atau balon tiup dengan karet gelang.
  6. Tutup celah botol plastik dengan selotip bening. Sebab, jika ada celah maka pantulan getaran akan terganggu, yang pada akhirnya berpengaruh pada bunyi terompet.
  7. Langkah terakhir untuk membuat terompet tahun baru Anda sendiri adalah hiasi terompet dengan kertas hias atau berwarna untuk mempercantik terompet Anda.

Itu lah bahan-bahan dan cara membuat terompet tahun baru yang bisa Anda lakukan di rumah. Silakan mencoba dan bersenang-senang di rumah bersama keluarga.

Post a Comment

Tulis Komentar di Bawah ini

Lebih baru Lebih lama