Cara Mengatasi Koneksi IndiHome yang Lemot

Cara Mengatasi Koneksi IndiHome yang Lemot


IndiHome merupakan salah satu Internet Service Provider, paling banyak digunakan di seluruh indonesia dan memiliki jaringan terbesar di Indonesia milik Telkom.

Walaupun begitu, tetapi adakalanya layanan internet dari IndiHome mengalami koneksi yang cukup lemot. Gangguan seperti ini bisa terjadi dari semua provider internet di Indonesia guys, jadi bukan hanya IndiHome saja.


Tapi buat kamu yang sering mengalami koneksi IndiHome lemot, Frostech punya solusinya nih untuk kamu semua dan bisa kamu praktekan langsung dirumah.

Cara Mengatasi Koneksi IndiHome Lemot


Ada beberapa ciri yang bisa kita lihat, ketika Koneksi IndiHome Lemot. Mengidentifikasi bahwa koneksi sedang down pun sangat di anjurkan, supaya kita lebih mengerti dengan paramater koneksi yang normal untuk digunakan.

Ada beberapa ciri yang bisa kita gunakan sebagai parameter bahwa koneksi IndiHome sedang down. Seperti tidak bisa mengakses internet, koneksi sering putus-putus dan mengalami penurunan jumlah paramater jaringan.

Itu adalah beberapa ciri-ciri internet indihome yang kita gunakan sedang down atau lemot. Nah, untuk cara mengatasinya kamu bisa baca di bawah ini.

1. Restart Router


Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan Merestart Router yang kamu gunakan. Router sering kali menjadi penyebab koneksi internet IndiHome lemot.

Bahkan ketika kita kontak IndiHome langsung, Customer Service selalu meminta untuk merestart Router untuk kemudian dinyalakan kembali, agar bisa mereset jaringan. 

Merestart Router akan membantu kamu dalam mengatasi jaringan yang lemot atau down, sehingga dapat lancar kembali ketika menyalakannya.

2. Upgrade Koneksi Internet


Yang kedua kamu bisa mengupgrade koneksi internet. Koneksi internet mungkin akan terasa lemot atau down, ketika pola penggunaan internet kamu membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil.

Usahakan dalam memilih jenis paket, pilih lah paket yang mungkin sesuai dengan pola penggunan kamu dalam menggunakan internet.

3. Membatasi Pemakai Internet


Selain dari error dan koneksi yang down, jumlah pemakai internet pun sangat berepengaruh terhadap koneksi yang lemot. Itu dapat terjadi karena jumlah pemakai dengan kapasitas kecepatan internet hampir mencapai ambang kapasitas.


Jika kamu menggunakan paket internet dengan kecepatan 10Mb/s dan dipakai hingga 5 orang, itu lah penyebab beban internet kamu akan semakin bertambah. Bebah internet inilah yang akan di terima jaringan sehingga menjadi tersendat atau berat.

Untuk melihat pemakai internet, silakan masuk ke Menu Admin dan masukan password, lalu lihat berapa pemakai Internet yang ada di router tersebut.

Beberapa Penyebab Koneksi IndiHome Lemot


Setelah kamu mengetahui cara mengatasi koneksi indihome lemot, adakalanya kamu bisa mengetahui penyebab kenapa koneksi Indihome lemot.

Mencari penyebab koneksi lemot, dapat mendiagnosa kamu dalam mencari masalah apa yang terjadi sehingga internet menjadi lemot. 

Berikut ini adalah beberapa penyebab koneksi IndiHome lemot, yang harus kamu ketahui.

1. FUP Melebihi Batas


Walaupun jenis paket internet IndiHome yang kamu gunakan tertera Unlimited, tapi kebijakan dari IndiHome untuk setiap pengguna wajib membaca ketentuan batas FUP. Lantas Apa itu FUP? FUP atau Fair Usage Policy adalah batas internet harian yang bertujuan untuk membatasi kecepatan dan kapasitas ukuran selama digunakan.

Jadi misalnya jika kamu belum kena FUP harian, kecepatan dan kapasitas ukuran internet kamu masih normal atau belum di batasi. Contoh : misalnya kamu memiliki kecapatan internet 10Mb/s, dengan kapasitas ukuran FUP 1GB. Maka ketika kamu sudah memakai 1GB pemakaian internet, kecepatan yang bisa kamu gunakan setelah melebihi FUP hanya sebesar 5Mb/s atau berkurang dari sebelumnya guys.

2. Jaringan Sedang Perbaikan


Untuk faktor penyebab koneksi lemot yang kedua ini, kamu hanya bisa menunggu sampai proses perbaikan jaringan selesai. Jika terjadi perbaikan, nantinya jaringan yang akan kamu gunakan akan mengalami gangguan, sehingga menjadi lemot atau bahkan tidak bisa digunakan. 

Jika ada perbaikan jaringan, mungkin CS dari IndiHome akan memberitahu kamu bahwa jaringan IndiHome akan mengalami down dalam sementara waktu.

Nah mungkin itu saja guys, yang bisa Frostech sampaikan mengenai cara mengatasi dan penyebab koneksi IndiHome Lemot. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena jumlah pengguna internet IndiHome yang memang cukup banyak di Indonesia ini.

Semoga artikel yang Frostech bagikan ini bermanfaat untuk kamu semua, dan jika artikel ini bermanfaat jangan lupa dishare ke media sosial mu ya guys...

Post a Comment

Tulis Komentar di Bawah ini

Lebih baru Lebih lama