Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan Chikungunya


Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan Chikungunya
Sumber : https://youtu.be/9e99C-Om8wc

Penyakit Chikungunya merupakan inveksi dari virus yang nemiliki ciri-ciri si penderita akan mengalami demam, panas tinggi dan nyeri sendi ketika digerakan. Virus ini berasal dari satu nyamuk yang sama dengan penyakit DBD yaitu Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus.

Dari data yang telah dihimpun di KEMENKES RI bahwa sepanjang tahun 2019 terdapat 560 kasus di 10 kota/kabupaten. Dari 560 kasus tersebut, 250 kasus terjadi di Provinsi Jawa dan sisa nya terjadi di provinsi Sulawesi, Kalimantan dan Aceh. Kabar baiknya, saat ini belum ada laporan terkait kematian yang di sebabkan oleh virus atau penyakit Chikungunya.

Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan Chikungunya


Perlu kamu ketahui, bahwa penderita yang terkena virus atau penyakit DBD dan chikungunya  umumnya sering terjadi saat perubahan musim, yaitu dari musim hujan ke kemarau ataupun sebaliknya. Virus ini bisa menyerang siapa saja jika memang tidak pandai menjaga diri atau kesehatannya. Nah disini saya akan beri tahu bagaimana Penyebab, Gejala dan Pengobatan virus Chikungunya.

Penebab Virus/Penyakit Chikungunya


Virus Chikungunya disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus. Kedua nyamuk tersebut bisa menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit DBD dan Chikungunya dari seseorang yang sebelumnya sudah terinfeksi virus.

Penularan virus ini tidak menyebar secara langsung dari orang ke orang, melainkan dari nyamuk yang mendapatkan virus dari seseorang yang telah terinfeksi sebelumnya. Chikungunya dapat menyerang siapa saja, namun ada beberapa kriteria orang yang gampang terserang virus ini seperti umur 60 tahun keatas, balita, riwayat sakit jantung, penyakit gula, hipertensi dan lainnya.


Gejala Virus Chikungunya


Ada beberapa kasus yang sering terjadi karena virus chikungunya, tapi tidak menunjukan gejala apapun. Namun, pada dasarnya penderita chikungunya akan mengala gejala, seperti berikut ini: 

  • Nyeri atau Sakit sendi ketika bergerak
  • Demam diatas 38,5 derajat celcius, berlangsung selama 2-3 hari
  • Nyeri pada tulang
  • Susah untuk berdiri secara tiba tiba
  • Muncul bintik merah di hampir seluruh badan
  • Sakit kepala
  • Badan lemas
  • Mual


Gejala tersebut kemungkinan akan muncul setelah 2 - 7 hari setelah seseorang tergigit nyamuk tersebut. Pada dasar nya, penderita akan pulih dalam waktu 1 minggu, namun tidak menutup kemungkinan penderita juga akan pulih dalam waktu yang cukup lama. Walaupun tidak sampai menyebabkan kematian, tapi penderita mungkin akan mengalami kelumpuhan kecil sementara.

Pengobatan Virus Chikungunya


Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus untuk bisa menyembuhkan penyakit chikungunya, karena penyakit ini akan sembuh sendiri nya dalam waktu tertentu bahkan bisa saja akan pulih lebih cepat. Walaupun demikian nyeri sendi akibat virus chikungunya bisa sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.
Jika berobat ke dokter, pastinya kamu akan di beri obat anti radang atau flu tulang agar proses recovery nyeri sendi lebih cepat. Bahkan kamu juga bisa membeli paracetamol atau ibuprofein di apotek, untuk meredakan nyeri rulang tersebut. Selain obat-obatan penderita juga disarankan untuk selalu beristirahat dan meminum banyak air supaya tidak terkena dehidrasi.

Cara mencegah Chikungunya

Mencegah lebih baik daripada mengibati, mungkin itulah slogan atau kata-kata yang sudah sering kita dengar di berbagi macam tempat. Ya, memang di balik kata-kata tersebut menyimpan banyak arti bagi kita semua, karena dengan mencegah kita bisa terhidar dari yang namannya virus. Nah, untuk terhindar dan mencegah virus chikungunya kamu bisa simak dibawah ini: 

  • Menguras penmpungan air
  • Menutup rapat penimpanan air
  • Mengubur barang bekas yang tidak terpakai, untuk mengindari dari sarang nyamuk
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Membuang air yang menggenang di tempat terntentu


Catatan

Nah, mungkin itulah yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengenali Penyebab, Gejala dan Pengobatan Chikungunya , berbahaya atau tidak berbahaya jelas pencegahan lebih tepat. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati

 Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare

Post a Comment

Tulis Komentar di Bawah ini

Lebih baru Lebih lama